ATENSI Komunitas

Komunitas adalah lingkungan terdekat kedua setelah keluarga bagi penyandang disabilitas. Komunitas tempat tinggal penyandang disabilitas akan menjadi lingkungan yang sangat dikenal oleh penyandang disabilitas dan diharapkan dapat menjadi sistem dukungan bagi keluarga penyandang disabilitas.
Pendekatan ATENSI berbasis masyarakat merujuk pada Community Based Rehabilitation (CBR) adalah strategi pengembangan komunitas yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas di dalam komunitasnya. CBR di inisiasi oleh WHO yang menekankan peningkatan kualitas hidup penyandang disabilitas dan keluarganya, terpenuhi kebutuhan dasarnya, dan memastikan inkusifitas dan partisipasi nya di masyarakat. Menekankan penggunaan sumber-sumber yang ada di komunitas, meningkatkan pemberdayaan penyandang disabilitas dan keluarganya serta memberikan penguatan pada stakeholder agar memberi dukungan pada pemenuhan kebutuhan penyandang disabilitas serta peningkatan kualitas hidup penyandang disabilitas di komunitasnya.
Pemberdayaan penyandang disabilitas dilakukan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kreativitas sehingga mampu menumbuhkan semangat bersaing meraih masa depannya. Pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis masyarakat tidak hanya mengembangkan potensi ekonomi, tetapi juga harkat martabat, rasa percaya diri dan terpeliharanya nilai budaya setempat.
Beberapa pandangan terhadap komunitas bagi rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas, adalah sebagai berikut: a. Komunitas merupakan lingkungan terdekat bagi penerima manfaat dalam pemenuhan kebutuhan fisik
dan psikis;
b. Komunitas yang memiliki kesadaran bersama akan melindungi penerima manfaat dari kerentanan, stigma dan diskriminasi;
c. LKS menjadi penggerak utama bagi keluarga dan komunitas untuk mendampingi atau merawat penerima manfaat
d. Komunitas adalah yang terdekat dengan keluarga penerima manfaat maka, komunitas harus dikuatkan melalui LKS agar lebih sensitif dan responsif dalam mencegah & menyelesaikan permasalahan yang dialami penyandang disabilitas
Bagikan :