Orientasi Pengenalan Balai bagi Penerima Manfaat Balai Melati Jakarta

Orientasi Pengenalan Balai bagi Penerima Manfaat Balai Melati Jakarta

JAKARTA (10 September 2020) – Balai Melati Jakarta menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pengenalan Balai bagi para penerima manfaat. Bertempat di Aula Balai Melati Jakarta, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 9 sampai dengan 10 September 2020, diikuti 40 orang penerima manfaat reguler angkatan II Tahun 2020.


Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kiki Riadi, Kepala Balai Melati Jakarta. Dalam arahannya, Kiki menyampaikan bahwa kegiatan Orientasi menjadi kegiatan pembuka dalam tahapan rehabilitasi sosial bagi penerima manfaat di balai. Melalui kegiatan orientasi pengenalan balai, penerima manfaat diharapkan memiliki informasi yang memadai mengenai hak dan kewajibannya selama mengikuti proses tahapan rehabilitasi sosial dalam balai. “Nantinya, kalian akan mendapatkan sertifikat kelulusan dan sertifikat kompetensi keahlian setelah menyelesaikan tahapan rehabilitasi sosial di balai. Sertifikat ini penting sebagai bekal pengembangan usaha kemandirian untuk meningkatkan aktualisasi diri di masyarakat,” ujar Kiki.


Lebih lanjut, Kiki mengungkapkan bahwa situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir menjadi fokus perhatian bersama. “Penerima manfaat wajib mematuhi peraturan yang ada di balai, menjaga kesehatan diri, disiplin menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran virus. Selama berada di balai, penerima manfaat diperbolehkan berkonsultasi secara aktif dengan pekerja sosial pendamping, instruktur keterampilan dan juga pegawai lainnya jika menemukan hambatan selama mengikuti proses rehabilitasi sosial. Selamat belajar dan semoga kalian memperoleh pengalaman berharga selama berada di Balai Melati,” tutur Kiki mengakhiri arahannya bagi para penerima manfaat.


Selanjutnya, penerima manfaat mendapatkan informasi mengenai layanan program dari Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial dan Koordinator Jabatan Fungsional. Penerima manfaat diperkenalkan dengan para pekerja sosial dan instruktur keterampilan yang akan mendampingi mereka selama berada di balai. Kepala Seksi Layanan Rehabilitasi Sosial, Romal Sinaga menyampaikan bahwa kegiatan Orientasi Pengenalan Balai menjadi sebuah kebutuhan penting bagi penerima manfaat agar mereka dapat mengenal seluruh pegawai Balai Melati Jakarta. Dalam kegiatan ini, penerima manfaat juga diberikan penguatan psikologis agar fokus dan disiplin untuk mengikuti seluruh tahapan pembelajaran dalam balai.


Di hari kedua, penerima manfaat mendapatkan informasi mengenai layanan program dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Plh. Kepala Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial. Kemudian, penerima manfaat dibagi dalam beberapa kelompok untuk berkeliling meninjau tiap ruangan dalam balai. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan penerima manfaat memahami lebih jauh tentang sarana dan prasarana yang ada dalam balai, mengetahui siapa yang dapat membantu mereka saat menemukan hambatan dalam mengikuti proses rehabilitasi sosial dan mengenal lebih dekat para pegawai Balai Melati Jakarta.


Humas Balai Melati Jakarta


Bagikan :